Akasia Carva

Lebah budidaya di areal vegetasi tanaman hutan yg dominan dg pohon akasia, Sehingga Lebah-lebah mengambil sumber nektar/ madu dari bunga pohon atau ranting dahan tanaman Akasia. Yang unik dari jenis ini adalah memiliki kadar air yg tinggi. antara 24-26% (lebih encer dari madu pada umum nya) dan karakter rasa yg seolah mirip dengan gula aren sehingga kebanyak orang mengira ini madu palsu/ tidak benar. Seperti yg saya jelaskan di atas yg unik dari tanaman ini adalah yg mengeluarkan nektar bukan hanya bunga pohon nya, namun ranting dan dahan nya juga mengeluarkan nektar dan memang memiliki karakter kesan seperti gula aren namun bukan. Rasa manis madu itu cepat ambyar dan halus. Tidak serak di tenggorokan. Namun tidak demikian dg gula. 

Nektar akasia sangat bagus bahkan beberapa referensi mengatakan masuk ke dalam 5 jenis madu terbaik di dunia. Sangat kaya flafanoid yg sangat bagus untuk jantung. 

 

Rasa: masam manis masam mendominasi.

Warna: coklat gelap

 

 

Catatan: madu akasia yg benar rata-rata memiliki kadar air yg tinggi (encer) hati2 apabila tekstur nya kental karena jenis ini sering di palsukan.